Dilihat

Senin, 09 September 2019

Jangan Menghakimi Seseorang Karena Masa Lalunya


Pandanglah Dia Yang Saat ini.

Jika dilihat dari penampilannya saat ini, tak ada yang menyangka masa lalu yang gelap pernah menghampiri dan menguasainya. Semua orang tahu bagaimana sepak terjangnya dimasa lalu. Tampilan yang selalu hot dilingkungan tempat tinggal didukung dengan kondisi fisik yang menarik sering membuat mata para lelaki terpana.

Puncaknya ketika ia telah menyelesaikan belajarnya dibangku Sekolah Menengah Atas, ia dikirim orang tuanya untuk kuliah keluar daerah tempat tinggalnya. Disana segala bentuk kebebasan diraihnnya termasuk dalam hal pergaulan. Sudah berulang kali berita tentang tingkah lakunya sampai kepada orang tuanya namun mereka memilih mendiamkan dan percaya padanya. Namun kepercayaan itu tak dihargai olehnya, ia menuai hasil dari pergaulannya, kembali pulang dengan bayi merah ditangan tanpa kejelasan ayah sang anak.

Satu kampung geger tentu saja, kejadian yang sudah diperkirakan oleh masyarakat kampung akhirnya terjadi. Orang tuanya sangat terpukul dengan kejadian itu hingga mengirimnya pergi jauh dan menetap dirantau orang. Berita tentangnya mulai hilang ditelan waktu.

Beberapa tahun kemudian kampung kembali dikagetkan dengan kehadiran wanita dengan penampilan serba tertutup yang ternyata adalah dia. Hadir dengan didampingi seorang suami yang santun dan shalih yang menerima segala kelam masa lalunya, dan memulai hidup didaerah itu dengan mengesampingkan berbagai cemoohan.

Dia wanita yang tegar, meski masih ada saja mata yang memandang rendah dirinya karena kejadian masa lalu namun dibalasnya dengan sikap santun layaknya seorang muslimah perindu syurga. Kepribadiannya benar-benar berubah kearah yang baik sesuai tuntunan agama.

Penampilannya menyejukkan siapa saja yang memandangnya, Allah menunjukkan kuasaNya bahwa siapa saja yang dikehendaki kebaikan olehNya maka dari kumbangan lumpur dosa manapun asal ada keinginan menjadi baik akan terangkat dan bersinar diwaktunya.

“…Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. (QS. Al Qashash : 56)

Subaim, 09 September 2019
Oleh : Mardha Umagapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berusaha Mengendalikan Hawa Nafsu: Tadabbur An Nazi'at Ayat 40-46

  Ciri-ciri Penghuni Surga 1. Takut pada Allah 2. Mengendalikan hawa nafsu 3. Terlibat dalam dakwah وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَ...