Dilihat

Sabtu, 14 September 2019

Minimalisir Sampah ! Keberlangsungan Bumi Ada Ditanganmu

Nggak ada makanan lagi. :(
Gambar Via vspca.org

Tantangan Pekan 1

Jika kita sadar lingkungan maka sudah seharusnya penggunaan bahan plastik harus dibatasi. Menurut data yang dirilis oleh The World Bank, Indonesia hasilkan 67 Juta Ton sampah tahun 2019 yang kebanyakan adalah sampah plastik Penggunaan plastik memang murah dan memudahkan aktivitas sehari-hari tapi penguraiannya tidak semudah pembuatannya. Plastik membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa terurai menjadi tanah. Bisa dibayangkan jika sampah plastik yang tidak terurai sebanyak penggunaan penduduk saat ini, maka sampah akan memenuhi bumi dan mencemari air tanah, pakan untuk hewan maupun manusia.

Pentingnya memahami tata kelola sampah di rumah juga perlu diperhatikan, kadang ketika membuang sampah kita tidak memisahkan antara sampah basah dan kering akhirnya penangananpun asal-asalan. Padahal seharusnya, sampah basah yang berisi bahan organik bisa didaur menjadi pupuk yang bagus. Sedangkan sampah plastik dikumpulkan untuk didaur ulang menjadi barang layak guna.

Pembuangan sampah yang tidak benar, misalnya di bantaran sungai dan saluran pembuangan air lainnya seperti parit menyebabkan sirkulasi aliran air ditempat pembuangan menjadi macet. Perlu adanya papan peringatan disetiap tepi aliran sungai tentang larangan membuang sampah, gunanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal ini.

Mengingat pentingnya pengelolaan sampah, ada beberapa trik yang dapat kita lakukan untuk menyikapi permasalahan sampah:
  1.  Cobalah meminimalisir pengguna barang yang menghasilkan sampah.
  2. Jika berbelanja dan memungkinkan sebaiknya membawa wadah dari rumah untuk menaruh barang belanjaan ketimbang membawa pulang tas kresek lagi.
  3. Lakukan pemisahan terhadap sampah basah(organik) dan plastik maupun kertas (non organik).
  4. Upayakan sebisa mungkin mendaur ulang sampah yang telah ada.
  5. Membudayakan memungut sampah yang ditemukan di mana saja dan di letakkan ditempat sampah.
  6. Ajak dan ajarkan cara diatas kepada keluarga terutama anak-anak untuk membentuk kesadaran lingkungan sejak dini.


Beberapa trik ini mungkin masih jauh dari efektif untuk menghilangkan sampah, namun dengan melakukannya kita dapat memberi kontribusi untuk kelangsungan hidup di bumi.

Oleh: Mardha Umagapi

2 komentar:

  1. Sampah emang jd masalah bumi yg lg jd perhatian berbagai kalangan. Terlebih Indonesia yg jd penghasil no 2. Anyway, kita lakukan yg paling simple utk bumi kita dimulai dr kt sndiri. Tq utk tulisannya kk.. keren bingits!

    BalasHapus

Berusaha Mengendalikan Hawa Nafsu: Tadabbur An Nazi'at Ayat 40-46

  Ciri-ciri Penghuni Surga 1. Takut pada Allah 2. Mengendalikan hawa nafsu 3. Terlibat dalam dakwah وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَ...